Inspirasi Ramadhan, Tips Mudik Asik Jelang Lebaran

Inspirasi Ramadhan, Tips Mudik Asik Jelang Lebaran, saat-saat menjelang hari raya merupakan momen yang tepat untuk mencari berita seputar info mudik. Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan hari raya di kampung halamannya bersama keluarga tercinta. Agar mudik aman dan terkendali sebaiknya masyarakat terus memantau berita seputar arus mudik. Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung. Satu hal yang paling penting yaitu untuk selalu mencari info mudik demi kelancaran perjalanan.

Jika orang tua dan saudara-saudaranya masih tinggal di kampung. Mudik menjadi kewajiban yang harus dilakukan setiap tahunnya. Dengan demikian, perayaan hari raya akan lebih berkesan karena dirayakan bersama keluarga. Hakikat silaturahmi yang membudaya ke dalam diri masyarakat Indonesia telah membuat kegiatan pulang kampung menjadi suatu tradisi. Rutinitas pulang kampung dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota keluarga. Silaturahmi yang dilakukan ini bertujuan agar hubungan keluarga tidak terputus walaupun harus tinggal dalam jarak jauh.

Oleh karena itu, hari raya merupakan momen yang ditunggu-tunggu untuk melakukan perjalanan pulang kampung. Dan agar perjalanan mudik dapat dilalui dengan lancar, diperlukan persiapan yang matang menjelang keberangkatan. Ongkos mudik pastinya harus disediakan agar perjalanan dapat berlangsung. Selain itu, barang-barang yang akan dibawa pun harus dipersiapkan dengan baik. Pilih barang-barang yang memang benar dibutuhkan.

Inspirasi Ramadhan, Tips Mudik Asik Jelang Lebaran


Jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dll. Harap hati-hati dengan drum yang ditaruh di tengah-tengah jalan, jangan sampai ngebut melewati mereka. Bagi anda yang berkacamata minus sebaiknya jalan pagi saja.

1. Kondisi Tubuh
Kesehatan adalah aset terpenting dalam kehidupan. Apabila tubuh sehat maka dapat terhindar dari segala macam penyakit yang dapat menyerang. Tubuh yang sehat juga dapat mendukung segala macam aktivitas harian. Pastikan bahwa sebelum mudik anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit.

Bagi pengemudi, jangan paksakan diri bila dalam kondisi tubuh kurang fit. Caranya periksa kesehatan sebelum mengemudi. Hindari penggunaan obat keras dan alkohol ataupun obat penambah energi tidak disarankan.

2. Cek Kondisi Mobil/Sepeda Motor
Sebelum dipakai 'bertempur' alias mudik, periksakan kondisi kendaraan anda di bengkel langganan ((tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll). Dan jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll.

3. Bawa Air Mentah
Bawalah air mentah di dalam jerigen 5 liter atau jika tidak ada jerigen bisa memakai bekas botol air mineral besar (1 literan) untuk mengisi radiator bila kurang. Ar juga bisa untuk mencuci tangan bila selesai ganti ban kalau bocor atau kempes. Tak ada salahnya ada juga membawa sabun. Air ini juga berguna bila bawa anak kecil/bayi tiba-tiba 'pup' saat kita tengah berada di daerah yang sulit air (misalnya: sawah, hutan)

4. Bekal Makanan
Pastikan anda membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara. Saat mudik disarankan untuk tidak asal makan di restoran/rumah makan tempat pemberhentian Bus Antar Kota karena di saat-saat seperti itu dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih karena pengunjung sangat padat dan banyak yang harus dilayani.

Lebih terjamin bila anda membawa makanan sendiri. Tapi kalau bekal habis anda bisa masuk ke dalam kota dimana anda lewat untuk mencari restoran fast food fried chiken. Yang pasti anak-anak suka dan lebih baik kebersihannya.

5. Packing Barang/ Muatan Dengan Benar
Urutkan barang/ muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

6. Bawa HP & Chargernya
Sebaiknya sebelum berangkat charge HP anda sampai penuh. Untuk daerah/area tertentu yang Anda lewati akan terjadi "blank spot" untuk kartu tertentu, lebih baik jika salah satu anggota keluarga punya HP dengan kartu yang berbeda. Jadi bila terjadi blankspot masih bisa pakai HP satunya lagi.

7. Doa
Setelah semua hal diatas anda siapkan dengan cermat, jangan lupa untuk selalu BERDOA sebelum memulai perjalanan. Berdoa merupakan aktivitas spiritual seorang hamba untuk meminta sesuatu kepada yang pencipta. Sebelum berdoa, umat Islam terbiasa melantunkan pujia-pujian terhadap Allah melalui kalimat dzikir. Setelah itu, barulah memanjatkan apa yang menjadi keinginannya agar diberi keselamatan oleh Allah Swt.

Untuk melengkapi postingan tentang inspirasi Ramadhan, tips mudik jelang lebaran, hendaknya simpan tenaga dan tetap jaga kesehatan untuk siap pulang balik setelah mudik. Jangan pulang balik di pas mepet sekali besoknya harus sudah masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah, pasti kelelahan kan? Ada baiknya ambil waktu sehari istirahat sebelum besoknya melakukan aktifitas rutin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inspirasi Ramadhan, Tips Mudik Asik Jelang Lebaran"

Posting Komentar